Minggu, 18 Maret 2018

CARA MENDAFTARKAN WEBSITE DI GOOGLE WEBMASTER TOOLS

3 Tips Cara Optimasi Gambar Blog WordPress SEO

jasa pembuatan website murah - Pada artikel kesempatan ini saya juga akan memberi tutorial yang telah umum dilakukan oleh umumnya blogger setelah melaunching situs (blog) baru yakni bagaimana caranya mendaftarkan Situs atau situs (blog) ke GWT (Google Webmaster Tools).

Pertanyaan yang mungkin sering dilontarkan yaitu mengapa kita harus mendaftarkan situs atau situs (blog) kita di google webmaster tools? Kita perlu mendaftarkan situs (blog) ke webmaster tools yaitu karena kita semua juga telah tau kalau google yaitu mesin pencari paling baik yang seringkali dipakai oleh semua orang didunia untuk temukan beragam jenis info baik berbentuk tulisan artikel, gambar ataupun video, dan google yaitu pintu yang dipakai oleh beragam orang untuk menuju ke situs atau situs (blog) Kamu.

Dengan mendaftarkan Situs atau situs (blog) kamu ke webmaster tools automatis dapat juga tingkatkan SEO pada situs Kamu. Manfaat Google Webmaster Tools ini sangat banyak, terkecuali untuk memverifikasi situs atau situs (blog) Kamu, juga bermanfaat untuk memasukkan sitemap dari situs atau situs (blog) Kamu hingga dapat ditangkap oleh google setiap artikel yang Kamu berikan dan up-date.

CARA MENDAFTARKAN WEBSITE KE WEBMASTER TOOLS
1. Pakai Account Gmail kamu, bila belum juga miliki silakan daftar dahulu.

2. Akses ke alamat Google Webmaster Tools.

3. Setelah kamu Sign in, setelah itu Kamu juga akan lihat halaman seperti gambar berikut ini dan Masukan URL situs atau situs (blog) kamu dengan click Add a Site.

4. Kemudian Kamu juga akan di bawa ke bagian verifikasi, di verifikasi Kamu juga akan lihat ada 2 Cara, yakni Recommended Method dan Alternate Method.

Keterangan : Bila Kamu memilih Recommended Method Kamu harus download file html di nomor 1, dan kemudian Kamu unggah ke folder root situs Kamu melalui FTP atau Kamu unggah melalui file manager di cPanel hosting yang Kamu pakai, setelah unggah usai silakan click tombol Verifiy.

Penjalasan : Bila Kamu memilih Alternate methods juga akan terdapat 4 pilihan, Bila Kamu memakai CMS WordPress atau Blogger Kamu harus memakai cara yang ini dan memilih HTML Tag.

Untuk memasukkan kode itu ke WordPress Kamu dapat memilih salah satu cara berikut ini :

  • Bila Kamu memakai WordPress. com (WordPress gratisan) kamu copy kode itu dan masukan ke menu Tools dan masukan di kolom Webmaster Tools Google dan kemudian aktifkan. 
  • Bila Kamu memakai Blogger. com Kamu copy code itu dan masuk ke dashboard account blogger Kamu dan click menu Template » Ubah HTML dan paste code verifikasi di bawah tag head dan kemudian taruh dan verifikasi. 
  • Bila Kamu memakai WordPress Self Hosted, silahakan copy code HTML tag dan masuk ke admin ruang WordPress Kamu, click menu Appearance » Editor dan mencari file header. php dan paste code itu dibawah code tag head dan kemudian click tombol “update file” dan kerjakan verifikasi. 
  • Bila kamu memakai WordPress untuk self hosted dan memakai All in One SEO kamu dapat memasukkan ke setingan All in One SEO di menu All in One SEO dan mencari “Webmaster Verification” masukan pada kolom “Google Webmaster Tools”, kemudian click “Save Settings” dan kembali pada Webmaster Tools untuk melakukan verifikasi. (Cukup Kamu masukan kode yang berada di antara sinyal petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini code yang dimasukkan“ /) 
  • Bila Kamu memakai plugin SEO by Yoast silakan paste kode itu dibagian penyusunan di menu SEO » General » Webmaster Tools dan masukan pada kolom “Google Search Console” janganlah lupa click “Save Settings” dan kembali pada Webmaster Tools dan kerjakan verifikasi. (Cukup Kamu masukan kode yang berada di antara sinyal petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini code yang dimasukkan“ /) 

Bila sistem verifikasi diatas telah Kamu kerjakan dan sukses hingga Kamu lihat centang hijau, saat ini Kamu harus memasukkan sitemap. xml situs atau situs (blog) Kamu juga lewat cara masuk ke menu Crawl dan click tombol ADD/TEST SITEMAP, kemudian masukan url sitemap.xml.

Terkecuali di atas banyak sekali lagi manfaat dari google webmaster tools, seperti kita dapat menghapus URL yang telah rusak atau 404 di google index - Remove url, dapat juga lihat url kita yang rusak di Crawl Errors dan dapat segera Kamu hapus.

Di atas yaitu beberapa langkah yang dapat Kamu ikuti untuk mendaftarkan website situs atau situs (blog) ke Google Webmaster Tools. Silakan dicoba dan mudah-mudahan artikel ini berguna. 🙂

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.