Rabu, 04 Oktober 2017

4 Tips Mengasah Kreativitas Anak

Hasil gambar untuk Tips Merangsang dan Mengembangkan Kreativitas pada Anak

cara mendidik anak agar kreatif - Hai Sahabat, coba tengok kesibukan si kecil. Tanpa ada sadar nyatanya banyak kesibukan anak yang mengarahkan mereka untuk berfikir kreatif. Tetapi, kerapkali kita membiarkan mereka bermain seadanya. Walau sebenarnya, demikian banyak potensi yang tersimpan didalam jiwa anak. Kreatifitas, tersebut satu diantaranya.
Siapa tidak bahagia ketika lihat buah hati menggambar cantik dengan warna-warni menarik. Siapa tidak tersentuh ketika anak menyodorkan bermacam perkakas mainannya untuk menolong umminya saat kesusahan buka kaleng makanan. Atau siapa menduga seseorang anak balita dapat merubah sebuah kardus sisa jadi mainan yang menarik.

Berfikir kreatif adalah salah suatu kecakapan yang penting dipunyai anak. Kecerdasan ini juga akan sangat bermanfaat saat buah hati sudah dewasa nantinya. Kecakapan ini sudah pasti dapat diasah sejak dari kecil. Pastinya beberapa orang tualah yang dapat mengasahnya. Berikut ini terdapat empat cara merangsang anak agar berfikir kreatif, disarikan dari situs parenting. com.

1. Down Time 
Beri anak waktu enjoy. Tahukah Sahabat, jadwal yang padat dapat menyebabkan seorang tidak dapat berfikir kreatif. Pasalnya, jadwal padat juga akan menyebabkan stres dan stres dapat mematikan kreatifitas. Beri waktu dalam jadwal buah hati untuk bersantai dan mengisitirahatkan otak. Aktivitas rehat ini dapat dilakukan dengan tidur siang, berjalan-jalan, liburan, dsb.

2. Mengerti Kegagalan 
Biarlah anak tahu dan tahu kegagalan. Pengalaman tidak berhasil juga akan menumbuhkan anak jadi seseorang yang berfikir kreatif. Dari kegagalan, mereka juga akan belajar sampai buat mereka lebih kreatif. Oleh karenanya, orangtua tidak perlu sungkan untuk membiarkan anak memiliki pengalaman tidak berhasil. Berarti, pertolongan orangtua tidak harus senantiasa dilakukan. Ada saatnya, anak harus melakukan usahanya sendiri.

3. Bermain Peran 
Pretend play, atau bermain peranan adalah salah satu cara efisien untuk merangsang anak agar berfikir kreatif. Dapat dibuktikan, sebuah riset di AS tunjukkan kalau anak-anak prasekolah yang kerapkali bermain peranan nyatanya beresiko pada tingginya tingkat kreatifitas. Sempatkan diri untuk bermain dengan si kecil. Sediakan alat peraga dan beberapa narasi menarik untuk bermain peranan. Si kecil dapat jadi dokter dan kita jadi pasiennya. Dapat juga jadi pedagang dan konsumen, jadi polisi, atau bahkan juga jadi ciri-khas hewan, seperti kupu-kupu, kancil, maupun gajah.

4. Berinovasi pada Mainan 
Cara paling akhir yang bisa kita kerjakan agar anak berfikir kreatif yaitu dengan memberi peluang mereka untuk berinovasi dengan mainan mereka. Tidak perlu pikirkan efek kekacauan yang juga akan terjadi. Tidak perlu juga pikirkan hasil pada akhirnya. Sistem anak dalam berinovasi tersebut yang dapat merangsang mereka agar berfikir kreatif. Biarlah mereka buat semua suatu hal yang diimajinasikan. Kita dapat memfasilitasinya dengan membelikan mereka mainan lego, blok, play dough, cat warna-warni, dan beda sebagainya.

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

Sekian empat cara yang bisa dilakukan Sahabat untuk mengasah anak-anak berfikir kreatif. Beberapa cara itu sangat simpel, tetapi efeknya riil. Yuk mulai buat daftar aktivitas dengan si kecil.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.