Senin, 07 Agustus 2017

Tips Mengajar yang Efektif bagi Pemula


Ketika mengajar yaitu hal yang kompleks dan karena murid-murid itu beragam, maka tak ada cara tunggal untuk mengajar yang efisien untuk segalanya. Guru harus kuasai bermacam perspektif dan kiat, dan harus dapat menerapkannya dengan fleksibel. Hal yang diperlukan dua hal utama yakni : (1) Pengetahuan dan ketrampilan profesional ; (2) prinsip dan metode mengajar yang disenangi mahasiswa

Pengetahuan dan Ketrampilan Professional 
Guru yang efisien kuasai materi pelajaran dan ketrampilan atau ketrampilan mengajar yang baik. Guru yang efisien memiliki kiat pengejaran yang baik dab di dukung oleh cara penetapan maksud, rencana pengajaran, dan manajemen kelas. Mereka ketahui bagaimana berikan motivasi, berkomunikasi, dan berhubungan dengan efisien dengan murid-murid dari beragam latar belakang kultural. Mereka juga ketahui cara memakai tehnologi yang tepat manfaat didalam kelas. Tersebut disini semasing keterangan dari beberapa persyaratan diatas.

1. Penguasaan materi pelajaran 
Guru yang efisien harus berpengetahuan, fleksibel, dan mengerti materi. Sudah pasti, pengetahuan subyek materi bukan sekedar meliputi kenyataan, arti, dan rencana umum. Ini memerlukan knowledge base pengorganisasian materi, mengaitkan beragam ide, cara berfikir dan berargumentasi.

2. Kiat Pengajaran 
Dalam hal semacam ini bagaimana guru dapat buat pengajaran materi dapat dikuasai oleh murid. Pada pendidikan jenis lama (tradisionil) terlalu mengutamakan murid harus duduk diam, jadi pendengar pasif dan menyuruh murid untuk menghafal info yang relevan dan tidak relevan. Lalu bertukar pada prinsip konstruktivisme, yakni mengutamakan agar murid dengan aktif membuat dan membuat pengetahuan dan pemahamannya. Tetapi tidak semua pakar sepakat lewat cara diatas, namun yang terutama yaitu meskipun kamu memakai salah satu kiat diatas, banyak hal yang perlu di ketahui, beberapa hal yang memberi dampak dalam pengajaran yang efisien.

3. Penetapan maksud dan ketrampilan rencana instruksional 
Guru yang efisien tidak sebatas mengajar di kelas, tak tahu dia memakai perspektif tradisionil atau konstruktivisme diatas. Mereka harus juga memastikan maksud evaluasi dan membuat gagasan untuk menjangkau maksud itu.

4. Ketrampilan manajemen kelas 
Segi penting yang lain untuk jadi guru yang efisien yaitu dapat melindungi kelas tetaplah aktif dengan dan mengorientasikan kelas ke beberapa pekerjaan. Guru yang efisien dapat menjaga lingkungan belajar yang kondusif.

5. Ketrampilan motivasional 
Guru yang efisien memiliki kiat yang baik untuk berikan motivasi murid agar ingin belajar. Guru yang efisien tahu kalau murid akan terpacu saat mereka dapat memilih suatu hal yang sesuai sama minatnya. Guru yang baik akan berikan peluang murid untuk berfikir kreatif dan mendalam untuk project mereka sendiri.

6. Ketrampilan komunikasi 
Hal yang perlu diperlukan untuk mengajar yaitu ketrampilan dalam bicara, mendengar, menangani kendala komunikasi verbal, mengerti komunikasi non verbal dari murid, dan memapu memecahkan perseteruan dengan konstruktif.

7. Bekerja dengan efisien dengan murid dari beragam kultur yang berlainan 
Guru yang efisien harus ketahui dan mengerti anak dengan latar belakang kultural yang tidak sama, dan peka pada keperluan mereka. Mendorong murid satu dengan murid yang beda untuk berhubungan positif.

8. Ketrampilan teknologi 
Guru yang efisien tahu cara memakai computer dan cara mengajar murid memakai computer untuk menulis dan berkreasi. Tehnologi tersebut tidak selamanya tingkatkan kekuatan belajar murid perlu keselarasan pada kurikulum dengan tehnologi yang sesuai dalam pengajaran.

Prinsip dan Motivasi 
Jadi guru yang efisien juga memerlukan prinsip dan motivasi. Segi ini meliputi sikap yang baik dan perhatian pada murid. Prinsip sangat diperlukan dalam pengajaran, bagaimana guru memberi tenaga dan fikiran untuk memberi pengajaran yang bisa di terima oleh murid dengan baik. Guru yang efisien juga memiliki keyakinan diri pada kekuatan mereka dan akan tidak membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.