Selasa, 03 April 2018

Cara Membuat Blog

Gambar terkait

jasa pembuatan website jakarta - Masih inget kan bila situs (blog) itu seperti rumah? jadi sebelumnya di isi perabotan (artikel), kita harus pastiin tempat tinggalnya berdiri dahulu. Dalam konteks blogging, ya blognya siap dahulu, terlebih dari sisi SEO onpage basic dan UI & UX. Saya juga akan memberi contoh dengan memakai WordPress, karena dapat disebut sebagian besar memakai itu. Di sini, saya anggap semua telah dapat install WordPress ya, jadi setelah itu yaitu untuk pembenahan-pembenahan saja.

1. Buang halaman sampah

Ini langkah penting sebelumnya halaman sampah kelak terindeh di Google, karena bila kelak terlanjur terindex dan dihapus, maka juga akan ada 404 not found. Halaman yang saya maksud bila di WordPress yaitu halaman sample page dan artikel hello world.

2. Install plugin SEO

Bebas saja sich, ingin gunakan Yoast bisa, All in one SEO bisa, ingin buat plugin sendiri ya silakan. Tapi saya dengan pribadi lebih sukai All in one SEO karena lebih mudah di konfigurasi sesuai keperluan saya.

Hal yang pertama saya atur terang yaitu penyusunan judul dan gambaran untuk homepage. Di sini, biasanya saya juga akan mengincar kata kunci (keyword), ingin domainnya KOD atau brand, saya juga akan tetaplah incar kata kunci (keyword). Misalnya situs (blog) ini untuk halaman depan mengincar kata kunci (keyword) “pakar SEO“.

Untuk judul anjurkan berada di kisaran 70-78 ciri-khas, sesaat gambaran saat ini yang menurut saya paling baik berada di kisaran 200-300 ciri-khas. Bila terlalu panjang atau terlalu pendek bagaimana mas? Apakah kelak ada masalah? Jawabannya iya, kelak akan keluar peringatan di search console begini.

Panjang judul dan gambaran ini bukan sekedar berlaku pada homepage saja, tapi juga halaman artikel. Jadi bila ada dari kalian yang telah optimalkan jungkir balik dan tidak naik-naik, cobalah diliat di search console, kali saja ada masalah ini.

Untuk penyusunan SEO pada halaman artikel dsb, saya juga akan menghapus | %blog_title% dari kolom penyusunan bawaan All in one SEO (untuk Yoast silakan sesuaikan saja). Tujuannya yaitu agar judul artikel nanti tidaklah terlalu panjang karena automatis mempilkan nama situs (blog) diakhir judul. Penyusunannya lebih kurang sebagai berikut :

Penyusunan beda biasanya saya melakukan penyusunan noindex pada halaman-halaman yang tidak mau saya index. Misalnya halaman penulis, halaman pencarian dan halaman 404 not found. Diluar itu, saya juga aktifkan feature redirect pada halaman media ke post asli. Tinggal centang-centang saja di All in One SEO.

Hal seperti ini sangat penting dilakukan mulai sejak awal (pastinya sesuai keperluan ya), agar ke depan sedikit masalah yang buat situs (blog) kita susah naik rankingnya.

3. Daftarkan ke Search Console

Step setelah itu yaitu mendaftarkan situs (blog) ke search console. Perasaan ini tidak demikian penting saya terangkan demikian detail, karena memang langkahnya pasti sangatlah familiar dan mudah dilakukan.

Janganlah lupa untuk submit sitemap. xml, pada plugin Yoast atau All in One SEO telah tertanam feature sitemap, tinggal di aktifin saja. Biasanya, saya hanya memasukkan halaman artikel, page, dan kelompok. Untuk tag optional bila kalian sukai mengoptimalkan tag juga.

4. Perbaiki UI dan UX

Terdapat beberapa parameter untuk masalah ini, pada intinya ini semakin lebih pas dilakukan oleh kelas advance, karena sangat tehnis. Tapi di sini juga akan saya kasih sedikit deskripsi.

  • Pilih theme yang buat user nyaman membaca (dari mulai tata letak, penentuan warna yg tidak buat mata lelah, dll). 
  • Tempatkan iklan sewajarnya saja 
  • Buat load speed situs lebih cepat, sedetailnya dapat baca di sini. 
  • Pakai gambar yang menarik 

Catat artikel yang enak di baca (kelak juga akan saya sedikit terangkan di materi setelah itu)
Untuk masalah ini, banyak blogger yang kurang perduli pada penampilan mobile, walau sebenarnya ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan mobile SEO.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.