Kamis, 05 April 2018

Format Penulisan Konten Website atau Blog

Gambar terkait

jasa pembuatan website jakarta utara - Format penulisan artikel sesungguhnya tidak jauh berlainan pada type artikel yang satu dengan type yang beda. Walau demikian, bila dirinci lebih mendalam, maka setiap type artikel dapat memiliki format yang berlainan seperti artikel ilmiah memiliki format yang berlainan dengan artikel non ilmiah. Walau demikian, bila diliat pada umumnya, format penulisan ini terbagi dalam judul, paragraf pengantar, isi artikel dan paragraf penutup atau kesimpulan yang ada dibagian akhir.

Format Artikel, Pentingkah?

Bila di tanya apakah penting atau tidak, maka setiap penulis mungkin memberi jawaban yang berlainan. Walau demikian, terkecuali adalah bentuk baku dari sebuah artikel, format atau systematika artikel juga memiliki manfaat yang sangat penting yaitu juga akan buat pembaca lebih mudah mengerti apa yang ditulis atau diterangkan oleh si penulis. Pembaca juga akan dengan mudah menangkap setiap pesan si penulis.

Pembaca akan dengan mudah menganalisa dan buat ikhtisar karena artikel ditulis dengan memakai systematika yang baik. Bahkan juga, pembaca juga akan dengan mudah memastikan mana pembuka atau pengantar, mana isi dan mana bagian kesimpulan. Bahkan juga pembaca dapat juga memastikan mengenai kekuatan menulis si penulis apakah telah baik atau belum juga.

Hal semacam ini karena format penulisan artikel ini juga akan menolong penulis merangkai inspirasi dengan utuh dan koheren hingga tak ada yang rancu, kontra-produktif atau tak ada kajian yang mengulang-ulang termasuk kajian tanpa ada ujung yang sering di kenal dengan arti blunder di mana tulisan atau kajian hanya berputar tidak terang. Saat ini Kamu telah dapat menjawab apakah format ini penting atau tidak.

Format Umum Penulisan Artikel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, format umum penulisan artikel terbagi dalam 4 bagian. Berikut ini keterangan untuk semasing bagian.

Judul

Setiap artikel harus memiliki judul yang disebut cerminan dari isi artikel. Judul harus mewakili kajian utama artikel. Judul harus juga ditulis dengan aturan EYD seperti dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata terkecuali kata sambung seperti Cara Menjaga Tanaman dengan Memakai Botol Sisa.

Pengantar

Pengantar atau pendahuluan dapat pula dikatakan sebagai paragraf pembuka adalah sedikit deskripsi mengenai apa yang juga akan dibicarakan di badan artikel atau isi. Bila dapat, pakai bhs yang ‘merayu’ dan buat pembaca penasaran. Dapat pula diselipkan mengenai apa yang juga akan dibicarakan hingga pembaca tahu apa sajakah yang di baca tetapi belum juga mendetail.

Badan Artikel

Badan artikel adalah isi artikel atau kajian utama di mana inspirasi pokok atau topik dari artikel juga akan dibicarakan dan diuraikan. Badan artikel tetaplah harus ditulis sesuai sama aturan yang benar, tidak bertele-tele dan tetaplah menarik. Badan artikel juga memakai kalimat atau bhs yang pasti dan simpel hingga pembaca juga akan bisa dengan mudah mengerti apa yang tengah dibicarakan oleh si penulis.

Penutup

Penutup atau kesimpulan ini diisi mengenai point penting yang penulis kehendaki agar pembaca mengingat kembali. Tetapi, kesimpulan ditulis pada dasarnya saja. Kesimpulan dapat juga adalah jawaban dari setiap pertanyaan yang berada di paragraf pengantar. Dengan hal tersebut pembaca juga akan memperoleh intisari dari apa yang telah di baca sebelumnya.

Dari kajian diatas, dapat diambil kesimpulan bila jika format penulisan artikel ini memiliki manfaat dan penting untuk si penulis dan si pembaca. Oleh karenanya, perlu di perhatikan mengenai penulisan artikel yang benar yang sesuai sama format yang telah baku hingga pembaca dari beragam kelompok dapat mengerti inti atau inspirasi pokok dari artikel yang di buat oleh si penulis.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.