Selasa, 10 April 2018

Bagaimana Cara Memilih Hosting

Hasil gambar untuk Bagaimana Cara Memilih Hosting

jasa pembuatan website di jakarta pusat - Hosting situs yaitu tempat menaruh website situs. Pada dasaranya, hosting situs yaitu sebuah computer, yang dipasang aplikasi server situs (seperti Apache Situs Server atau Microsoft IIS) dan senantiasa tersambungsi dengan internet 24/7. Computer hosting ini biasanya memiliki spesifikasi yang tinggi dan akses internet dengan bandwidth yang besar, karena disewakan untuk digunakan banyaknya yang memiliki website situs.

Banyak hal yang perlu di perhatikan dalam memilih hosting situs yaitu :

Provider
Upayakan untuk mencari provider yang telah memiliki pengalaman atau telah lama bermain didunia hosting. Misalnya dengan mengecek usia nama domainnya. Pemain lama biasanya sudah memiliki pelanggan dan jadi registrar untuk banyak domain, sehinggal kemungkinan kecil tutup.

Fitur
Untuk memilih paket hosting situs, kita harus mengerti lebih dahulu keperluan website situs yang juga akan diunggah. Janganlah lupa berikan spare/cadangan, misalnya pada space dan jumlah alamat email. Jadi contoh, misalnya kita ingin mengelola 5 website situs dalam satu hosting, maka pilihlah hosting situs dengan minimum 4 add-on domain. Bila semasing website kita memiliki ukuran 500MB, maka minimum space yang diperlukan untuk 5 website yaitu 2. 5 GB.

Anjuran : Janganlah memilih paket hosting yang pas-pasan. Lebih baik sekali lagi bila hosting situs sediakan bebrapa feature yang unlimited, misalnya unlimited space, unlimited domain, unlimited email, dan sebagainya.

Kualitas
99, 9 persen uptimeKualitas hosting situs, menurut saya, diukur dari kecepatan akses dan uptime. Kecepatan akses yaitu seberapa cepat sebuah situs dapat di buka oleh pengunjung. Makin cepat, pasti makin nyaman. Kecepatan akses ini biasanya di pengaruhi oleh banyak hal, misalnya : kecepatan jaringan internet, spesifikasi computer hosting yang perlu sepadan dengan jumlah website di dalamnya, lokasi server (luar atau dalam negeri), dan website kita sendiri.

Sedang uptime, yaitu persentase perbandingan pada lamanya waktu hosting situs itu ‘mati’ (down) di banding keseluruhan waktu dia ‘hidup’ (up). Makin sering sebuah hosting situs mati, maka uptime-nya juga akan turun, dan berlaku sebaliknya. Hosting situs berkwalitas bisanya menanggung uptime di atas 99%.

Dukungan
Ada saatnya website situs kita atau hosting bermasalah, hingga kita memerlukan pertolongan customer dukungan. Support pelanggan ini juga dapat digolongkan jadi kwalitas hosting situs. Kwalitas support dapat diukur dari tanggapan time provider hosting itu menjawab chat dan merampungkan trouble ticket. Beberapa provider hosting bahkan juga sekalipun tidak sediakan feature chat, hingga kita hanya dapat buat trouble ticket saja. Untuk pelanggan, sudah pasti tambah nyaman berkomunikasi dengan chat (asal janganlah nunggu jawabannya 30-menit, he he he).

Harga
Harga tentunya jadi pertimbangan untuk kita yang memiliki website. Prioritasnya, pastikan dahulu feature yang diperlukan oleh website sesuai, janganlah asal murah. Anjuran penulis, pilihlah website yang sediakan harga sewa yang “masuk akal” (tidak jauh lain dengan provider beda biasanya). Hosting-hosting yang sangat murah ini biasanya jelek dari bagian kecepatan hak akses dan support pelanggan. Sesuai sama arti “harga mah tidak bohong! ”.

Dari pengalaman pribadi, kwalitas hosting lokal Indonesia masih tetap kalah dengan hosting-hosting luar negeri dengan uptime dan layanan. Walau demikian hosting lokal masih tetap menang dari bagian kecepatan hak akses (di banding hosting luar dengan server diluar negeri) dan harga yang relative masih tetap lebih murah.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.